Pinjol: Kamu Tidak Sendiri, Mari Atasi Bersama!


Dalam postingan kali ini, saya akan bicara tentang sesuatu yang mungkin sedang dihadapi oleh banyak dari kita. Sesuatu yang kadang membuat kita merasa seolah-olah berjuang sendiri, tapi percayalah, kamu tidak sendiri.

Apapun itu, mulai dari beban kerja yang menumpuk, masalah pribadi, hingga... Pinjol. Ya, Pinjol atau pinjaman online. Barangkali, beberapa dari kita merasakan dampaknya yang tidak hanya berfokus pada efisiensi kerja, tetapi juga merambah ke kesehatan mental dan psikologis karyawan.


Efek Damping Pinjol

Tahukah kamu? Tekanan yang ditimbulkan oleh pinjol bisa mempengaruhi suasana hati, kualitas tidur, dan bahkan produktivitas kerja kita. Malahan, tidak jarang, dampak ini juga menjadi beban baru bagi tim HR dan perusahaan tempat kita bekerja. Kasus-kasus semacam ini bukan hal yang asing bagi saya.


Hubungan antar Rekan Kerja

Ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh tanggungan utang tak jarang menimbulkan perpecahan antar rekan kerja. Sebagian dari klien saya pernah curhat, merasa tidak nyaman ditagih utang oleh teman-teman kerjanya, bahkan sampai ke lapisan manajemen. Sangat mengganggu kenyamanan bekerja dan hubungan antara rekan kerja, bukan?


Pencegahan Sejak Dini

Cara terbaik untuk mengatasi ini, tentunya adalah dengan memulainya dari diri sendiri, dan tentunya, melakukan pencegahan sejak dini. Untuk perusahaan dan tim HR, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan literasi keuangan kepada karyawan. Ini bukan hanya sebagai langkah pencegahan semata, tetapi juga sebagai bentuk dukungan kepada karyawan yang mungkin sedang berjuang membebaskan diri dari belenggu pinjol.


Yuk mulailah untuk lebih peduli terhadap keadaan keuanganmu sendiri. Sesuaikan pengeluaran dengan pemasukan, gunakan pinjol sebagai option terakhir, dan jangan lupa untuk selalu mengatur keuangan dengan bijak. Dan selalu ingat, kamu tidak sendiri dalam menghadapi ini. Dalam setiap tantangan pasti ada solusi, feel free jika kamu ingin menanyakan seputar perencana keuangan, insya allah saya siap membantu kamu melalui tantangan ini. Keep spirit, Sobat!

0 komentar:

Posting Komentar